DOLAN NING JOGJA - Anak Tanjakan

Berbeda dengan harta, ilmu dapat menjagamu kapan saja.. @anak_tanjakan

Breaking

Wednesday, June 3, 2020

DOLAN NING JOGJA

Hoii rek, cak, cuk, bro, sis, gimana kabarnya? Tidak, bukan ragamu, tapi hatimu. Semoga baik-baik aja ya, yang belum baik baca ketikan ini siapa tau jadi nambah gak baik. Dari awal aja udah gak penting banget kan? Mau lanjut baca gak  nih?

Udah lama nih gue gak ngetik cerita gak jelas lagi, jadi agak berkurang deh skill ngetiknya. Hmm, kita mulai dari mana ya enaknya? Apa jalanin aja dulu? HAH, jalanin aja dulu? Jalanin aja dulu itu konsep yang belum jelas, antara ada dan tiada, antara iya dan tidak, antara mau dan tidak mau, antara baik dan jahat, antara kota dan antara propinsi (AKAP dong, dikira transportasi umum).
 

Woy mana ceritanya? Lama bener sih.
Sabar kawan, mengetik tak semudah yang kalian bayangkan, banyak hal yang harus dipertimbangkan, antara kecepatan jempol dan sensitifitas touchscreen, atau keluwesan jari yang nari di atas keyboard. Jadi banyak kan? Hehe.

Okeh kita mulai. 
Jadi gini... (ngedongakin kepala miring dikit ke kanan atas sambil nginget-nginget yang perlu diinget)

Karawang, 6 Oktober 2019
Minggu pagi gue ke Stasiun Cikampek buat perjalanan ke Lempuyangan. Sebelumnya gue udah pesen tiket sih, jadi ke stasiun tinggal nunggu kereta berangkat aja.

Berhubung kereta datengnya masih lama, jadi gue mutusin buat nyarap dulu, karena gue nyampe di Stasiun Cikampek sekitar jam 8 kurang dikit. Setelah sesuap demi suap nasi gue telen, dan gue ngerasa kenyang, gue duduk santai dulu, tapi gak nyebat, karena gue gak ngerokok. Menurut gue, cowo keren itu gak ngerokok. Sama kesehatannya aja sayang, apalagi sama kamu, iya kamu.. 

Lagi asiknya nyantai, eh tiba-tiba ada 2 sejoli dateng mau nyarap, lengket bener lagi kaya perangko. Ternyata yang mau nyarap cowonya, si cewe nyuapin, yang cowo makan sambil asik ngegame. Jancuk! Ancur atiku ndelok koyo ngono rek, berkeping-keping iki.


Jomblo kaya gue bisa apa njir, mung iso nyawang wkwk. 
Tapi selow, gapapa jomblo, tapi banyak yang sayang, daripada pacaran yang sayang satu doang haha.

Skip⏭️
Sekitar jam setengah 9 kereta berangkat. Gue duduk di samping ibu-ibu yang udah punya anak, tapi anaknya diumpetin, biar keliatan gadis kali ya, padahal mah gak ngaruh bu, eh.

Di perjalanan gue ngelakuin hal yang kaya biasanya orang lain lakuin, yaitu main hape sambil nyante terus kadang tidur, kadang juga ngrekam video di luar jendela. Ya masa mau koproll di dalem gerbong, yang ada malah disawer lagi. Eh tapi lumayan sih kalo disawer, kalo diusir dari kereta gimana, bisa-bisa gue diturunin di pinggir rel. Kalo diturunin pun gue bakal request biar turun di Stasiun Brebes aja, sekalian ke rumah.

Skip ah, di perjalanan gitu-gitu doang soalnya, cuma liatin pemandangan, orang tidur, cewe cakep, hot, buka hape, liat pemandangan cewe cakep hot yang lagi tiduran, di hape. Ya seperti itu lah perjalanan, kadang ngebosenin, kadang nyenengin, kadang nyusahin, gimana cara kita nikmatinya sih. (read : gue lupa pas di kereta ngapain aja, lagi ngingetin lagi)

Jogjakarta, 6 Oktober 2019
Setelah perjalanan kurang lebih 8 jam, iya bro 8 jam perjalanan, naik kereta. Pengalaman pertama gue nih naik kereta paling jauh segitu. Gimana rasanya? Coba sendiri aja, biar sama-sama ngrasain.

Gue pun keluar dari stasiun, dan rencananya mau naik becak ke tempat nginep yang sebelumnya udah dibooking pas di kereta. Tapi ada yang nawarin sewa motor, yaudah langsung sikat, lumayan bisa buat muterin Jogja walaupun cuma sesore dan semalem.

Setelah dapet motor, gue pun ke tempat nginep buat check in buat naruh barang. Abis itu gue keluar lagi buat muterin Jogja. 

I. Malioboro
Di Jogja, tempat pertama yang gue kunjungi yaitu Malioboro. Bingung mau kemana lagi, cuma ada waktu satu malem soalnya. Ibarat diminta bikin candi sama Roro Jongrang. Ngomongin soal Roro Jongrang, ada pelajaran berharga nih buat cowo-cowo. Bayangin bro, "yang udah dibikinin seribu candi dalam semalem aja masih ditolak, apa lagi lu yang cuma umbar janji tanpa kasih bukti." Mikir! Hahaha.

Di Malioboro, gue cuma muter-muter sambil nyari spot foto yang bagus. Ya walaupun hasil jepretan gue gak bagus sih, gapapa lah, lagi pengin. Karena perut mulai laper, gue nyari makanan nih, bingung, dan gak tau mau makan apa di sana, jadinya gue makan lontong sate. Terus abis makan, ya minum lah haha.

II. Alun-alun Utara dan Titik Nol KM
Selesai makan, gue lanjut menjelajah Jogja lagi. Awalnya bingung antara mau ke Alun-alun Selatan apa Alun-alun Utara, dan gue gak tau apa bedanya. Setau gue cuma beda lokasi doang, yang Utara di utara yang Selatan di selatan, udah. Setelah terjadi perdebatan panjang antara jin baik & jahat yang ada di pikiran gue, gue pun mutusin ke Alun-alun Utara. 

Di Altara (maaf kalo salah nyebut), ternyata ada acara dangdut yang disiarin di TV. Pas tau ada acara gituan gue langsung males, jadinya geser ke titik 0 KM. Gak tau sih titik persisnya dimana, cuma karena ada tulisannya aja jadi gue anggep itu lokasinya.

Di titik 0 KM, ada acara pagelaran seni dari pelajar menangah atas Jogja. Lumayan kan bisa liatin dedek gemes nari. Gak cuma pertunjukan seni, di sana juga banyak pertunjukan para pemuda-pemudi yang lagi BUCIN. Ada yang nyender, ada yang gandengan tangan, ada yang suap-suapan, ada yang lesehan, ada yang jomblo cuma bisa ngliatin doang, gue. Mata gue pedes liat gituan, sumpah.

"Pemandangan macam apa ini! Jauhkan dari hadapanku, Ani. Aku tak sanggup melihatnya."
"Baik Roma, apapun aku lakukan untukmu Roma."
Hiyaaaa... keluarlah satria bergitar, dengan jaket lusuh di pundaknya.. siap ngamen di pelataran Jogjakarta..

Malam makin larut, dan gue udah enek liat para bucin yang begituan, jadi gue nyari pelampiasan dengan.. Nyari oleh-oleh. Korelasinya apa Bambaaaaang? Gak ada sih, cuma biar ada aja yang gue ketik haha. Rencananya gue mau beli jajan, tapi karena besoknya mau kondangan dan bawanya ribet jadi beli jajannya pas mau balik ke Karawang aja.
Terus yang lu beli apa, met? Aku beli semua cinta dan kebahagiaan yang ia tawarkan kepadamu. Aku beli dengan rasa sakit. Sungguh menyedihkan..

Jadi disana gue cuma beli kaos Jogja, buat adek-adek gue. Gue beli 3 biji, ya secara adek gue ada 3, cewe semua lagi. Ada yang mau booking? Atau mau manggil gue "mas"? Atau mau nglangkahin gue? Silahkan. Gue tunggu lu.
Niatnya pengin sekalian beli pernak-pernik, tapi gue kurang tertarik, jadi cuma liat-liat doang barangkali ada yang menarik perhatian. Eh ternyata gak ada, yaudah gak jadi beli.

III. Wedang Ronde
Makin malem Jogja makin rame, dan hati makin sepi. Apakah ini yang dimaksud Bang Wira sepi dalam keramaian? Tingkat sepi yang paling mengerikan? Miris.

Karena sepi, jadi kedinginan, karena kedinginan, butuh penghangat dong? Iya nggak iya nggak?
Dingin ya? Pelukanmu mana? Dingin ya? Sini aku angetin, aku masukin oven, suhu 100°C, biar mateng sekalian.
Gue akhirnya nyobain Wedang Ronde? Hah Ronde? Ronde itu bukannya yang kalo malem keliling kampung sambil mukul kentongan ya? Itu RONDA woy.
Ronda itu yang lingkaran ya? Itu RODAAAAA.
Roda itu yang sistem kerja paksa jaman Jepang ya? RODI woy.

Rodi itu yang punya kapur ajaib ya? Itu RUDIII.
Mau sampe kapan kaya gini terus? Sampe yang baca gak mau baca lagi, eh tetep aja dibaca.

Skip⏭️
Layaknya pelukanmu, wedang ronde ini cukup membuatku hangat walau sesaat. Emang sih, di dunia ini gak bakal ada yang abadi, tapi apa salahnya kita memberikan yang terbaik buat diri kita sendiri ataupun orang lain, terlebih orang yang kita sayangi.

IV. Penginapan
Setelah ngabisin wedang ronde sampe secangkir-cangkirnya, gue pun balik ke penginapan. Karena mata udah sepet, ngliat para bucin, ditambah malam makin larut, dan besok mesti kondangan.

Nyampe di tempat nginep, gue langsung rebahan, melepaskan semua penat di tubuh. Niatnya mau renang sih, tapi gravitasi kasurnya kuat banget. Dan rasa mager lebih besar daripada rasa pengin renangnya. Akhirnya ya tetep aja rebahan.

Sorry, baru ngasih tau. Gue ke Jogja bareng temen kerja gue, dan itu cewo, eh cowo maksudnya. Dan disana kita tidur sekamar, seranjang. Apa? Sekamar? Seranjang? Terbaca geli sih, kalo terlihat geli kan gak mungkin, orang ini ketikan bukan video. 

Gue gak tau pas gue tidur diapain aja, soalnya gue tidur, gak kebangun, jadi gue gak tau dia ngapain haha.
Ogah juga kalo diapa-apain sama dia. Gue ajak berantem sumpah kalo dia macem-macem haha.

Yang gue heran kenapa dia kuat banget gitu loh tidur ACnya dingin banget. Gara-gara AC dingin, gue jadi selimutan dari kaki sampe ujung kepala rapet. Gak bakalan gue biarin dingin ini ngusik tidur gue.
Tapi gapapa lah, cukup AC aja yang dingin, sikap kamu ke aku jangan. Hiyaaaa..

Dengan membaca bismika allohumma ahya wa bismika amuut. Gue pun tertidur. Dan berakhirlah ketikan gak jelas ini, terima kasih yang sudah buangin waktu kalian buat hal tidak berguna seperti ini. Gue mau tidur.. 

Selamat malam, selamat tidur dan lekaslah bermimpi. Semoga bukan tangis yang terbitkan pagi di kelopak matamu nanti. Semoga senyum berpijar yang kau sembahkan dikala terbitnya fajar.
@s_rufiyadi

No comments:

Post a Comment