Eh Masnya Ganteng Deh - Anak Tanjakan

Berbeda dengan harta, ilmu dapat menjagamu kapan saja.. @anak_tanjakan

Breaking

Wednesday, June 3, 2020

Eh Masnya Ganteng Deh

"Tujuan utama dari setiap perjalanan adalah tempat berpulang.."
Ada yang belum maksud kalimat di atas? Oke, pasti kalian punya pandangan sendiri-sendiri mengenai suatu hal. Begitupun gue. Dan gue memaknai kalo setiap dari kita pasti akan pulang. Kita pergi ke suatu tempat, pasti menginginkan kembali pulang ke rumah bukan? Entah itu piknik ke luar negeri, mendaki gunung, dan aktivitas yang berhubungan dengan bepergian atau jalan-jalan. Dan bahkan hidup kita, pasti akan pulang, kembali kepada Gusti suatu saat nanti. Pasti.

Dan pulang ke pelukan ibu adalah hal trenyuh yang membuatku luluh..
Tapi bukan itu sih yang mau gue bahas di sini, gue cuma mau sharing perjalanan pulang kampung gue. Please, enjoy it..

Kamis malam, 29 Maret 2018
Jam 18:45 wib, gue berencana pulang kampung, dan gue pun mulai nyari tiket bus. Ya karena sebelumnya belum nyari hehe. Dari kosan gue keliling nyari Agen bus yang biasa nyediain perjalanan AKAP terutama Karawang-Brebes. Agen bus pertama yang gue datengin adalah PK.

Disana gue ketemu sama mbak penjual tiketnya dan langsung tanya, "mbak, bus ke Brebes ada kah?". Dan si mbaknya jawab, "wah adanya ke Wangon mas". Dalam hati gue bertanya, "Wangon dimana yak?". (Taunya Pangon, jenis telur asin. Maklum dari Brebes yang punya jajanan khas Telur Asin). Gue pun tanya lagi, "turun di Alun-alun Brebes bisa nggak?". Si mbaknya jawab, "Gak ada mas, adanya di pintu tol Pejagan. Kalo nggak ya di Songgom". Gue bales, "oh Songgom ya, yaudah saya siap-siap dulu ya mbak. Takutnya kalo beli tiket dulu nanti ketinggalan bus". Padahal mah ngeles aja, soalnya kalo di Songgom nanti yang jemput siapa, kan ribet.

Gue pun balik ke Kosan lagi, padahal baru 1 Agen bus. Sampe di Kosan gue ketemu temen yang lagi asik Push Rank ML. Dengan posisi tengkurep, gak pake baju cuma koloran, keliatannya menghayati banget tuh MLnya. Gue pun tanya ke temen, "Bro, anterin gue ke Klari mau gak?". Si Kolor pun jawab, "Kapan?". Gue jawab, "Sekarang dong bro, mau mudik nih". Temen gue jawab, "Oke siap". Gue bales, "Oke, gue siap-siap dulu ya, lu lanjutin ML dulu aja". Temen gue pun bersedia buat nganterin gue ke Terminal Klari.

Sebelum siap-siap, gue nanya temen, ya karena dia rumahnya di daerah Songgom. Gue telpon dia gak dijawab, eh taunya lagi makan. Gue tanya ke dia kalo turun bisnya di Songgom terus minta tolong dijemput gimana? Tapi gak dibolehin, ya karena udah malem, jalannya gelap, dan itu bahaya. Karena gue gak mau ngrepotin, akhirnya gak jadi naik bus yang turun di Songgom.

Gue lanjut packing. Setelah packing selesai, gue ke kamar temen lagi yang lagi asik nge-ML. Gue ajak dia lagi, dia cuma respon nanti aja karena tanggung nge-MLnya. Padahal udah hampir jam setengah delapan, belum lagi perjalanan ke Klari yang dibilang cukup jauh dan potensi macet. Untung gue udah bilang ke Ibu Agennya buat pesen tiket satu. Jam 19.33 wib, kita pun meluncur ke Klari.

Sampe di Klari, gue buru-buru pesen tiket bus langganan gue, yaitu DJ. Karena bus yang berangkat jam 8-9 malem sudah habis tiketnya, jadi gue beli yang jam 10an. Info dari Agennya sih jam 10 bus nyampe. Tapi kayaknya gak mungkin deh. Gue pesen tiket bus AC jurusan Tegal-Slawi dan turun di Alun-alun Brebes.

Karena nunggu bisnya lama, gue pun makan dulu di warteg deket terminal. Habis makan gue nunggu bus lagi, sampe jam 10 pun bus belum dateng. Udah ngantuk padahal, pengin cepet-cepet tidur. Jam setengah 11 malem pun bus dateng, tapi yang biasa bukan yang AC. Gue lupa, kan gue gak kuat kalo dingin-dingin. Lagi pula yang bus AC baru sampe Cibitung. Jam setengah 11 masih di Cibitung, mau sampe kapan dateng di terminal? Gue pun nuker tiket dan masuk ke bus yang gak pake AC. Daripada nunggu lebih malem lagi, udah ngantuk, kedinginan pula.

Gue pun masuk ke bus dan nyari tempat duduk yang kosong, secara tiketnya gak ada keterangan tempat duduk. Jam 22.55 bus pun berangkat dari terminal Klari menuju Tegal-Slawi.

1.5 jam perjalanan dari Terminal Klari, bus yang gue tumpangi akhirnya sampai di rumah makan buat istirahat. Bahasa kerennya "Hello Time". Tapi, sebelum bus sampe di rumah makan, gue sengaja liatin kondisi arus lalu lintas di Tol Cipali. Daaaan, Astaghfirullah macetnyaaaa. Itu kaya semut merah jantan lagi jalan berurutan sambil liatin semut merah perawan yang pake hotpants. Lama banget jalannya, sampe crat-cret gitu. Setelah sampe di rumah makan, gue turun dari bus dan melakukan meditasi dengan mengeluarkan sisa metabolisme tubuh di kamar mandi.

Habis dari kamar mandi, gue duduk di kursi rumah makan. Mata udah ngantuk banget kepengin lanjutin mimpi, tapi supirnya masih belum keliatan. Gue cuma bolak-balik menu Hape yang batrenya udah 30%. Setelah 30 menit istirahat, si supir akhirnya nongol juga. Gue pun balik ke tempat duduk gue di bus. Bus pun kembali ngelanjutin perjalanannya.

Karena habis liat arus yang begitu padatnya, gue berharap bus gak nglewatin jalan tol tapi milih ke pantura. Tapi supir punya pemikiran sendiri, dan kami pun terjebak macet crat-cret tadi. Efek mikirin macet, gue pun pasrah dan akhirnya milih buat tidur lagi daripada harus melongo liatin kanan-kiri kendaraan crat-cret semua.

Eh, satu jam tidur gue pun terbangun, ternyata bus udah nglewatin macet tadi. Keren deh supirnya, katanya sih bekas supir Metro Mini yang ugal-ugalan karena kejar setoran. Jam 3 pagi busnya udah keluar tol Kanci.

Setelah masuk ke Cirebon, gue pun ngabarin orang tua gue buat siap-siap jemput. Tapi masih lama sih soalnya baru sampe Cirebon. Setengah jam berlalu, si bus pun sampe di Tanjung. Gue pun ngabarin ke orang tua lagi kalo gue udah sampe di Tanjung, kira-kira sejam lagi sampe di Alun-alun Brebes.

Di sepanjang jalan Tanjung, gue berusaha gak tidur, karena dikit lagi nih gue sampe di rumah. Tapi, mata udah gak kuat kepengin merem. Gue pun lanjut tidur lagi, dengan harapan kalo udah sampe di Alun-alun Brebes ada yang bangunin gue.

Karena tidurnya terlalu nyenyak, gue pun kebablasan. Kan kampret, gak ada yang bangunin. Knek bus juga gak teriak. Untung gue terbangun sendiri, dan liat jalan kaya udah nglewatin Alun-alun Brebes. Dan benar, gue kebablasan pas tau udah masuk area Tol Brexit. AAB ke Brexit kan lumayan jauh ya, kalo jalan kaki. Gue pun langsung gendong tas dan tanya ke penumpang lain, "Mas alun-alun udah kelewatan ya?". Si mas nya jawab, "Alun-alun mana? Slawi? Belum mas, masih jauh". Gue jawab, "Alun-alun Brebes mas". Dia jawab, "Yaelah itu udah jauh mas, ketiduran ya haha". Malah gue diketawain.

Gue pun teriak, "Om kiri om. Om kiri!". Si supir menepikan busnya dan berhenti. Gue pun keluar dan hampir kepleset pas nginjak botol air minum di deket pintu bus. Untung gue pegangan haindraill. Biar safety bro..

Gue turun dari bus, dan kebetulan turun pas ada tukang Ojek. Lalu gue minta dianterin ke Alun-alun Brebes. Sampe di AAB (lagi males ngetik Alun-alun Brebes, mending disingkat AAB aja), gue jalan kaki ke tempat penyebrangan. Dalam perjalanan menuju tempat penyebrangan, gue nglewatin anak-anak pada nongkrong sambil bilang, "permisi ya mas numpang lewat". Dan gue malah digodain sama cewek, "Eh mas nya ganteng deh, sini mas gabung aja gapapa". Gue tetep stay cool, gak terprovokasi apalagi jumawa. Dalem hati gue, "apaan sih cewek gak jelas, jam setengah 5 pagi masih keluyuran". Ya, cewe itu lagi nongkrong bareng temen-temen cowoknya. Gak tau tuh dari kapan nongkrongnya.

Gue pun akhirnya nyebrang ke sebelah Timur AAB, disitu Bapak gue udah nungguin, katanya dari jam 3. Kasihan banget sumpah, nungguin itu gak enak. Tapi demi anak, orang tua kita rela nglakuin apa aja.

Bersyukurlah kalian yang orang tuanya masih diberi kesehatan, bisa kumpul bareng setiap hari. Kita yang anak rantau mah cuma bisa doain, ketemu aja 3 bulan sekali.

Sampai di rumah, gue langsung dipeluk Ibu dan diciumin. Ya Allah, semua letih aku selama ini langsung hilang. Udah kangen banget, sampe air mata mau menetes. Ya sudahlah..
Bagi gue, sebaik-baik kepulangan adalah kembali ke pelukan ibu..

Terima kasih, buat kalian yang udah baca tulisan gak jelas ini. Atas nama segala rindu, temui dan bahagiakanlah kedua orang tuamu selagi mereka masih ada. Seberapa pun jauhnya kamu dari mereka, karena waktu yang terbuang tak akan bisa kembali lagi..

Salam,
Anak Tanjakan

No comments:

Post a Comment